Rabu, 01 Mei 2013

Minyak Zaitun



Minyak Zaitun

Seseorang yang memiliki kolesterol yang tinggi seringkali dianjurkan untuk mengonsumsi minyak Zaitun. Apa minyak Zaitun itu? Minyak Zaitun adalah minyak yang diperoleh dari buah yang berasal dari pohon zaitun (Olea Europaea).
Tanaman Zaitun banyak ditemukan di kawasan Mediterania seperti di Timur Tengah, Italia, Spanyol, Yunani, dan negara lain di sekitarnya. Khasiatnya bagi kesehatan sudah dikenal sejak zaman lampau.
Misalnya, bapak ilmu kedokteran, Hippocrates, mengatakan bahwa Zaitun memiliki nilai terapi yang tinggi bagi kesehatan. Pernyataan tersebut kembali diteguhkan oleh salah satu ahli biokimia pangan dan gizi Universitas Negeri Jakarta, Dr. Ir. Alsuhendra Msci.
Ia mengatakan bahwa minyak Zaitun banyak digunakan dalam bidang kesehatan karena kandungan asam lemak tak jenuhnya yang tinggi, khususnya asam lemak tak jenuh dengan ikatan rangkap tunggal yang di dalamnya terdapat asam oleat (Omega 9) dan juga asam linoleat (Omega 6) dengan kadar 65-85%.
Minyak Zaitun dapat ditemukan di pasaran dalam 3 jenis yakni minyak Zaitun extra virgin, minyak Zaitun murni, dan minyak Zaitun sulingan. Mari kita simak ulasannya masing-masing.

Minyak Zaitun Extra Virgin

Minyak Zaitun extra virgin merupakan jenis minyak Zaitun yang paling murni karena merupakan hasil ekstraksi pertama dari buah Zaitun. Warna minyak ini biasanya kehijauan dan memiliki rasa dan aroma yang lebih tajam.
Minyak ini tidak bagus untuk menumis atau menggoreng karena kadar minyaknya yang rendah. Minyak Zaitun ekstra virgin lebih baik dikonsumsi dengan cara diminum atau digunakan sebagai campuran makanan seperti salad atau sayuran yang direbus.

Minyak Zaitun Murni

Minyak Zaitun murni berwarna hijau kekuningan dan merupakan hasil dari proses lanjutan minyak Zaitun ekstra virgin. Minyak Zaitun jenis ini bisa digunakan sebagai campuran masakan dan untuk menumis.

Minyak Zaitun Sulingan

Minyak Zaitun sulingan merupakan jenis minyak Zaitun yang mengalami proses penyulingan lanjutan. Warnanya kekuningan dan cocok digunakan untuk menumis.
Minyak Zaitun jenis ini dapat ditemukan di pasaran dengan harga yang lebih murah dibandingkan kedua jenis minyak Zaitun di atas. Minyak Zaitun memang menyehatkan tetapi jika digunakan dengan tidak tepat, maka dapat merusak kandungan di dalamnya.
Minyak Zaitun tidak dapat digunakan untuk menggoreng karena sifatnya yang tidak tahan terhadap pemanasan yang tinggi. Bila dilakukan, maka ikatan kimia di dalam minyak Zaitun dapat rusak dan dapat berubah menjadi zat berbahaya bagi tubuh.
Apabila digunakan untuk memasak, bisa digunakan untuk masakan tumis karena pemanasan tidak berlangsung lama. Jika dipakai untuk menggoreng, asam lemak tak jenuh justru lebih mudah membentuk akrilamida, radikal bebas, dan lemak trans yang berbahaya karena sifatnya yang mudah bereaksi.
Karena itulah, penggunaannya hanya dapat diminum secara langsung, sebagai tambahan salad atau sayuran, dan untuk menumis. Tidak untuk menggoreng.
Hal lain yang perlu Anda ingat, cahaya dapat merusak komponen-komponennya, jadi minyak Zaitun hendaknya disimpan di tempat yang sejuk dan gelap. Selain itu, penggunaannya tidak boleh melebihi 4 gram per hari.

manfaat minyak zaitun


Apa saja manfaat dan khasiat dari minyak zaitun tersebut, baik untuk kesehatan dan juga untuk kosmetik, maka secara lengkap bisa Anda lihat seperti pada penjelasan berikut ini:

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

1. Pereda sakit dan nyeri


Berdasarkan riset, minyak zaitun mengandung oleokantal yang dapat mencegah radang, mirip dengan penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan obat antiradang lainnya. Minyak zaitun yang digunakan untuk obat oles luka lecet, luka sobek, dan gangguan yang berisiko menimbulkan radang, bengkak, dan nyeri.
Campurkan enam tetes minyak esensial lavender dengan dua sendok makan minyak zaitun. Kemudian gunakan minyak ini sebagai minyak pijat di bagian yang sakit.

2. Cegah Sakit Jantung

 
Anda tidak perlu mengonsumsi minyak zaitun dalam jumlah banyak untuk bisa mendapatkan manfaatnya. Menurut hasil temuan terbaru, cukup mengonsumsi dua sendok makan minyak zaitun dapat memangkas hampir setengah risiko kematian akibat penyakit jantung. Sedangkan konsumsi satu sendok makan minyak zaitu dapat memotong risiko penyakit jantung hampir 28 persen.

3. Mengobati Diabetes
Minyak Zaitun berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah sehingga bisa mencegah Diabetes. Minyak zaitun disebut juga lemak tak jenuh tunggal
4. Mencegah Pikun
Nah mungkin ini berguna juga buat anda yang mudah lupa. Asam lemak tak jenuh tunggal menjaga struktur sel dan membran dalam otak, sehingga membantu mencegah hilangnya ingatan.
5. Membantu Melawan Kanker
Menurut para peneliti di Copenhagen University Hospital di Denmark, minyak zaitun dapat mereduksi kerusakan sel (kerusakan ini dapat memicu kanker). Fenol dalam minyak zaitun extra virgin bertindak sebagai antioksidan pencegah penyakit untuk menghambat proses kanker ; asam oleat diperkirakan mencegah penyebaran tumor.
6. Menghilangkan Artritis ( Nyeri Sendi )
Minyak zaitun juga bermanfaat untuk mengatasi nyeri sendi dan pengeroposan tulang. Minyak zaitun yang dikonsumsi dalam campuran makanan sehari-hari memiliki fek antinyeri dengan melumasi sendi dan mencegah pembengkakan. Minyak ini menghasilkan prostaglandin yakni suatu zat pncegah pembengkakan dan nyeri.
Caranya bisa dengan mencampurkan minyak zaitun ke dalam menu salad buah setiap hari. Cara lain adalah dengan mengoleskan minyak zaitun yang telah dicampur dengan minyak esensial pada nyeri otot/ nyeri sendi.
7. Mencegah Osteoporosis
Minyak zaitun membantu penyerapan kalsium yang diperlukan untuk mencegah pengeroposan tulang.
8. Membantu Memperkuat Tubuh dalam Melawan HIV
Asam maslinat (produk alami yang disarikan dari minyak buah zaitun yang mengkal) diperkirakan dapat memperlambat penyebaran HIV. Para peneliti dari University of Granda percaya bahwa minyak zaitun mengkal dapat menurunkan penyebaran HIV dalam tubuh sampai 80%. Zat ini menghambat serin-protease (enzim yang digunakan HIV untuk menyebarkan infeksi ke seuruh tubuh).


Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kosmetik

1. Kulit dan rambut kering
Campurkan kuning telur dengan minyak zaitun dan oleskan pada wajah.  Kemudian cuci bersih dengan air setelah 20 menit. Untuk mencerahkan kulit, tambahkan sedikit lemon ke dalamnya. Campuran ini juga bisa digunakan pada rambut yang kering, agar tumbuh subur dan bersinar. 

2. Tabir surya
Campurkan minyak zaitun dengan air teh (teh yang sudah direbus dan disaring) dalam ukuran yang sama. Kemudian usapkan ke seluruh tubuh dan wajah, dan diamkan selama satu jam. Bilas tubuh dan wajah Anda tanpa sabun agar manfaatnya masih terasa.

3. Kuku rapuh
Campur 1/4 cangkir minyak zaitun dengan minyak lemon dan ekaliptus (kayu putih). Kemudian rendam kuku dalam campuran ini selama 20 menit.

4. Mengobati Bekas Jerawat
Dengan dioleskan di bekas jerawat secara teratur perlahan bekas jerawat akan hilang
5. Membuat Kulit Awet Muda
Jika di pergunakan setiap hari dan dengan cara yang tepat kulit anda akan tetap segar, dan tetap awet muda

Demikianlah beberapa manfaat dan khasiat minyak zaitun yang bisa dipublikasikan kepada Anda melalui tulisan ini. Tentunya masih banyak manfaat minyak zaitun yang tidak turut serta dipublikasikan pada artikel ini, dan tentunya akan dibahas lagi pada artikel lain di kemudian hari. Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar